Adakan Pemilos, SMA IT Granada Gandeng KPU Kota Samarinda

24 Oktober 2018 Administrator



SMA Islam Terpadu (IT) Granada bersama Komisi pemilihan umum (KPU) Kota Samarinda menggelar Pemilos, pemilihan ketua osis di sekolah yang terletak di Jl.HM. Ardhans, Ringroad 3, RT.01, Bukit Pinang, Kec. Samarinda Ulu.

Komisioner KPU Kota Samarinda, Tri Wahyuni, mengatakan Pemilos ini bertujuan untuk mengajarkan cara berdemokrasi kepada anak sejak usia dini. Dalam prosesnya, Pemilos ini diikuti oleh 285 siswa dengan tiga pasang calon Ketua dan Wakil Ketua Osis. Menariknya, meskipun baru tingkat SMA namun proses tahapan pemilos ini sudah mengadopsi selayaknya tahapan Pemilu sungguhan yang ada di Indonesia.

"Harus dari sekarang belajar berdemokrasi, ini melatih dan merangsang siswa agar peduli dengan Pemilu" katanya. Tujuan utama pemilos ini, untuk mengajarkan kepada siswa-siswi SMA tata cara berdemokrasi yang baik, berkompetisi yang fair dan belajar menghargai perbedaan pilihan sejak dini.

"Dengan belajar berbeda pendapat dan berbeda pilihan maka mereka juga akan belajar toleransi. Ini sangat penting diterapkan dari masa sekolah,” pungkasnya.


Bagikan :