KPU Kota Samarinda Minta para Caleg Patuhi Jadwal Kampanye

19 Oktober 2018 Administrator



KPU Kota Samarinda minta para caleg patuhi jadwal kampanye. Sesuati aturan mengenai fasilitasi kampanye diatur dalam Peraturan KPU (PKPU) nomor 28 tahun 2018, perubahan atas PKPU nomor 23 tahun 2018. Untuk itu, para caleg diwajibkan mengikuti semua tahapan kampanye dengan benar.

Komisioner KPU Kota samarinda, ramaon Dearnov saragih mengatakan, para caleg wajib mengikuti aturan. Sesuai tahapan, para caleg tidak boleh melanggar jadwal yang sudah ditetapkan KPU RI. “Sebenarnya, para caleg telah boleh melakukan kampanye. Walaupun begitu, ada beberapa jenis kampanye yang diatur oleh KPU dan belum boleh dilakukan,” katanya.

Sesuai jadwal, kampanye dimulai tanggal 23 September 2018 hingga 13 April 2019. Kampanye yang diperbolehkan sifatnya pertemuan terbatas, kunjungan ke pasar, termasuk pemasangan alat peraga asal melaporkan pihak keamanan dengan tembusan ke KPU dan Bawaslu Provinsi atau sesuai tingkatannya. Adapun yang belum boleh dilakukan adalah kampanye iklan media cetak dan elektronik termasuk media dalam jaringan atau website.

“Jangan sampai ada caleg yang melanggar, yang belum terjadwal jangan dilakukan,” sebutnya. Ramaon mengajak semua masyarakat ikut mengawasi jadwal kampanye. Jika ada caleg atau Parpol yang melanggar, Ramaon meminta masyarakat Kota Samarinda untuk segera melaporkan pada Bawaslu. “Jika ada pelanggaran harus segera dilaporkan pada Bawaslu, untuk semua masyarakat ayo sama-sama kita mengawasi tahapan kampanye Pileg Pilpres ini,” pungkasnya.


Bagikan :