KPU Samarinda Usul Rp37 M ke KPU Kaltim

31 Agustus 2016 Administrator



Ramaon Dearnov Saragih

 

KPU Samarinda Usul Rp37 M ke KPU Kaltim

Untuk Penyelenggaraan Pilgub Kaltim 2018

 

SAMARINDA- Menyongsong Pilgub Kaltim 2018 mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Samarinda mengusulkan angggaran penyelenggaraan sebesar Rp37 miliar kepada KPU Kaltim.
Ketua KPU Samarinda, Ramaon Dearnov Saragih mengatakan, dana yang di-ajukan tersebut merupakan hasil kalkulasi pembiayaan yang dibutuhkan untuk pembayaran honorarium petugas pemilu mulai dari tingkat KPU hingga Tempat Pemungutan Suara (TPS), kemudian kebutuhan belanja logistik dan barang.
“Iya kami usulkan sekitar bulan lalu (Juli). Besarnya Rp37.318.265.000. Lebih kecil dari anggaran Pilkada Samarinda 2015 yang sebesar Rp61 miliar,” kata Ramaon.
Kendati demikian, jumlah anggaran yang diusulkan KPU Samarinda bukan sesuatu hal yang mutlak direalisasikan. Artinya, dana yang dialokasikan untuk menunjang pelaksanaan pilgub di wilayah Kota Samarinda, tetap mengacu pada hasil pembahasan anggaran di tingkat KPU Provinsi.
“Itu bukan angka mutlak yang bisa dipakai sebagai acuan. Karena nanti keputusan masalah penganggaran semuanya itu tetap ada di KPU Provinsi. Jadi terserah saja mau dikasih berapa. Sifatnya ini kan hirarki dan tanggung jawab masalah pelaksanaan pilgub adalah KPU Kaltim. Kita hanya bagian dari KPU Provinsi untuk menyukseskan penyelenggaraan pilgub,” imbuhnya.
Besaran anggaran Pilgub yang rencananya diajukan kepada Pemprov Kaltim, sejauh ini masih dalam pembahasan di internal KPU Kaltim. Sebelumnya tahap penyusunan anggaran diperkirakan rampung akhir Juli lalu, namun target tersebut molor hingga bulan ini.
“Belum rampung pemba-hasannya. Dalam waktu dekat ini lah selesai, nanti dikabari,” terang Ketua KPU Kaltim Muhammad Taufik, kemarin. 

(Sumber Koran Kaltim, 27 Agustus 2016)

 


Bagikan :