MAN I Samarinda Gandeng KPU Kota Samarinda Gelar PEMILOS

06 September 2018 Administrator



Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Samarinda menggandeng KPU Kota Samarinda menggelar kegiatan rutin pertahun, Pemilihan Ketua Osis (Pemilos) yang ke 3.  Dihadiri Komisioner KPU Kota Samarinda, Tri Wahyuni , kegiatan tersebut berjalan sukses hingga terpilih pemenangnya.

Dikatakan Tri wahyuni, Pemilos merupakan bagian dari pendidikan demokrasi. Pasalnya dibuat sedemikian miripnya dengan pemilu, sebagai bekal dan wawasan berdemokrasi kepada para siswa, yang pada saatnya akan memberikan kontribusi bagi peningkatan kualitas berdemokrasi di level lokal maupun nasional.

"Tata cara dan aturan yang dibuat serupa seperti pemilu, diharapkan mampu menjadi wahana belajar bagi seluruh siswa dalam menggunakan hak pilihnya," ujarnya. Tri menjelaskan, Pemilos bisa dijadikan pembelajaran berdemokrasi sehingga siswa bisa menyumbangkan suaranya dengan jujur, adil, transparan dan akuntable.

selain itu, keberadaan OSIS akan mampu menjadi kawah candradimuka untuk membangun kepemimpinan baru yang berkarakter, sehingga akan muncul pemimpin muda yang berkepribadian positif dan kreatif, pribadi yang optimis, pribadi yang toleran, pribadi yang mencintai kemanusiaan, berjiwa gotong royong, serta punya rasa percaya diri.

"Membangun jiwa kepemimpinan yang berkarakter haruslah sejak dini. Dimulai dari lingkungan keluarga dan sekolah karena tantangan di masa depan akan lebih komplek. Nantinya siswa akan memiliki tanggungjawab untuk menentukan hak pilihnya," jelasnya.

Pada giat tersebut, PEMILOS dimenangkan oleh pasangan Nomor urut 1 yakni M. Rizky Alfianur dan Salsabila Umi Dhifa. Sedangkan lawannya, Akhmad Aslam Asmi dan Sifa Lestari Febrianti, menerima dengan lapang dada dan diakhiri dengan saling berjabat tangan.


Bagikan :