SOSIALISASI PEREMPUAN SAMARINDA CERDAS BERDEMOKRASI

27 Februari 2018 Administrator



Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Samarinda, menggelar Sosialisasi Perempuan Samarinda Cerdas Berdemokrasi, di Ballroom Aji Bidara Hotel Grand Victoria Samarinda, Senin (26/2/2018). Acara tersebut menghadirkan tiga narasumber, yaitu Komisioner KPU Kota Samarinda Tri Wahyuni, Anggota Bawaslu Kaltim, Hari Darmanto dan Unis Sagena dari Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisipol) Universitas Mulawarman.

Dikatakan Komisioner KPU Kota Samarinda, Tri Wahyuni, Tahapan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Kaltim sudah di depan mata. Diharapkan peran serta masyarakat terutama perempuan-perempuan di Kota Samarinda dalam tahapan Pemilu menuju Pilgub yang berdemokrasi. “Sosialisasi ini untuk mengajak perempuan Samarinda untuk aktif mengambil peranan dalam Pemilu dan  Pilkada dengan menggunakan hak pilihnya,” katanya.

Diketahui, demokrasi langsung adalah bentuk pemerintahan yang mengakui hak setiap rakyat secara langsung, untuk berpendapat atau memberikan persetujuannya dalam setiap pengambilan keputusan atau kebijakan publik. Masyarakat dan pemilih wajib berperan serta untuk mengantisipasi dan mencegah segala bentuk kecurangan pemilu yang ada di masyarakat. Sehingga, penting bagi perempuan Indonesia untuk memanfaatkan sebaik mungkin penghormatan dan pemenuhan hak pilih tersebut. Diharapkan hal itu dapat meningkatkan keterwakilan perempuan dalam politik, terutama keterwakilan dalam lembaga dewan perwakilan rakyat. “Perempuan harus berani maju, perangi diskriminasi pada perempuan. Perjuangkan hak pilih dan memilih, maka perempuan akan percaya diri tentunya mampu mengemban tugas sebagai pemimpin,” kata Uni Sagena.

Terkait adanya kecurangan dalam Pemilu, Hari memastikan pihaknya akan mengawal Pilgub Kaltim sesuai dengan peraturan dan undang-undang. “Mari wujudkan pemilu yang demokratis, dengan kedaulatan ada sepenuhnya ditangan rakyat. Jika ada kecurangan laporkan pada kami dan akan segera ditindak,” sebutnya.

 


Bagikan :