Tim PPID KPU Kota Samarinda Sabet Juara Satu Web Award KI Kaltim

19 November 2018 Administrator



Helat KI (Komisi Informasi) Kalimantan Timur Award 2018 yang diselenggarakan di Ballroom Hotel Aston Samarinda, Kamis (15/11/2018), menjadi milik Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Samarinda. Bagaimana tidak, KPU Kota Samarinda berhasil menyabet penghargaan bergengsi yaitu Web Award kategori pelayanan informasi publik berbasis website tingkat penyelenggara Pemilu yakni KPU dan Bawaslu se-Kaltim.

Dijelaskan Kepala Sub Bagian Teknis, Rusdin Noor, SH, Komisi Informasi Kaltim pertama kalinya memberikan penghargaan kepada badan publik se Kaltim, untuk penganugerahan terkait pengelolaan Informasi publik melalui Web. Dari 10 kategori yang disediakan, Kpu Samarinda meraih peringkat juara 1 Web Award kategori pelayanan infirmasi publik berbasis Web tingkat penyelenggara ( KPU dan Bawaslu se-Kaltim), menyisikan KPU prov Kaltim dan 10 KPU Kab/Kota, Bawaslu Prov Kaltim dan 10 Bawaslu Kab/ Kota.

“Ini pencapaian luar biasa, tak lepas dari nasihat Ketua KPU Kota Samarinda, Ramaon Dearnov Saragih, S.Hut yang selalu memelototi tim kerja PPID. Dukungan semangat dariKetua KPU dan Komisioner Tri Wahyuni seperti memecut semangat tim, hingga akhirnya KPU Kota Samarinda berhasil meraih juara satu,”jelasnya.

Meskipun terkadang, lanjut Rusdin, Tim PPID masih belum maksimal dalam menayangkan informasi yang berkualitas, namun pihaknya berjanji akan lebih giat lagi dan mencapai titik teratas. “Walau kadang, kami masih kewalahan menayangkan informasi yang berkualitas standar penyampaian informasi skala Nasional, namun berepegang pada satu kata kunci up date, kami tetap fokus,”ujarnya.

Melalui Rusdin, KPU Kota Samarinda menyampaikan rasa terimakasih yang sebesar-besarnya pada masyarakat Samarinda, Ketua dan anggota KPU Kota Samarinda dan Tim pengelola PPID. Dia mengaku sangat bangga, dengan pencapaian tersebut. Meskipun telah meraih peringkat satu, namun pencapaian tersebut masih pada kategori menuju informatif dengan nilai 80 - 94. Rusdin menjelaskan, kategori nilai tertinggi informatif nilai 95 - 100. Dia bersikeras akan terus meningkatkan kualitas Tim PPID KPU Kota Samarinda agar dapat meraih penghargaan dengan nilai yang sempurna.

“Saya sangat bangga dengan pencapaian yang cukup memuaskan ini. Berdasarkan kriteria penilaian dalam 19 kriteria, Alhamdulillah nilai menuju informatif sudah dapat membawa KPU Samarinda ke peringkat 1. Pada 9 kategori yang lainnya pun belum ada yang mencapai nilai informatif. Masih ada PR bagi kami untuk pencapaian lebih tinggi. PPID KPU samarinda siap terbuka, bermartabat, luar biasa,”pungkasnya,

KI Kaltim Award 2018 ini merupakan rangkaian dari kegiatan panjang yang telah dilakukan KI Kaltim. Tahun ini, fokus penilaian dan evaluasi dilakukan pada kepatuhan badan publik dalam memberikan pelayanan dasar akses informasi publik melalui website. Penghargaan langsung diberikan oleh Wakil Gubernur Kaltim, Hadi Mulyadi.


Bagikan :