Mukhasan Ajib, S.Sos


Ketua Devisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu

 

Berangkat dari Jurnalis

Mukhasan Ajib, dilahirkan  di Banyumas Jawa Tengah tanggal 5 Desember 1969, anak ke 11 dari 13 bersaudara, selanjutnya merantau ke Samarinda Kalimantan Timur sejak masih remaja usia 17 tahun tepatnya pada tahun 1986, yang waktu itu baru lulus Madrasah Tsanawiyah (MTs) Banyumas, kemudian melanjutkan pendidikan tingkat atas  di SMA Muhammadiyah I Samarinda dan menyelesaikan  Pendidikan Tinggi (S1) juga di Samarinda Kalimantan Timur.

Sebelum berkecimpung di dunia Kepemiluan, sebagai wartawan koran harian Poskota Kaltim sejak tahun 2000 hingga tahun 2008, kemudian bergabung dengan koran harian Kalimantan Post sejak tahun 2009 sampai tahun 2014.

Dengan berlatar belakang profesi sebagai wartawan yang tak jauh dari dunia tulis menulias dan mengolah berita, maka pendidikan tinggi yang diambilnya ikut menyesuaikan, jurusan ilmu komunikasi dengan program study Jurnalistik di Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIK) Mahakam Samarinda,  dan saat ini sedang tahap penyelesaian program Pasca Sarjana (S2), Magister Ilmu Komunikasi di Universitas Islam Kalimantan (UNISKA) Banjarmasin.

Mulai terlibat di Kepemiluan, pada saat Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltim periode 2008-2013, yaitu sebagai Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Pilkada Gubernur dan Wakilgubernur Kaltim tingkat kota Samarinda , yang saat itu mewakili unsur pers. Karena Panwaslu pada waktu itu sesuai UU No 22 tahun 2007 tentang Penyelenggara Pemilu, mensyaratkan keanggotaan Panwaslu dari lima unsur, yaitu unsur Pers, Akademisi, Tokoh Masyarakat, Kepolisian dan Kejaksaan, sehingga anggota Panwaslu berjumlah 5 orang.

Selain sebagai Panwaslu tingkat kota Samarinda, pada Pemilihan Gubernur dan Wakilgubernur Kaltim periode 2013-2018, sebagai Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) wilayah kecamatan Samarinda Utara, kemudian menjelang  Pemilu Legislatif   tahun 2014 dilantik sebagai anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Samarinda untuk masa jabatan 2014-1019.

Yang mana pada saat dilantik sebagai anggota KPU Kota Samarinda pada tanggal 18 Maret 2014, tiga minggu kemudian pelaksanaan pemungutan suara  Pemilu Legislatif, tepatnya tanggal 9 April 2014.  Walaupun masih baru dilantik  dan langsung melaksanakan tugas dengan tanggung jawab besar, sebagai anggota KPU Kota Samarinda yang menangani Devisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu, secara umum berhasil pelaksanakan Pemilu Legisltif di Samarinda dengan lancar, aman dan damai**.


Bagikan :